• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Membuat website agar usaha kecil menengah sukses

 on Thursday, January 5, 2012  

Ketika dihadapan bagaimana membuat website untuk usaha kecil menengah (UKM) untuk meraih sukses, sering kali dihadapan suatu kesulitan bagaimana mereka harus memulainya. Kemampuan dalam pengaturan dan pembuatan website begitu banyak pilihan. Banyak pilihan sering kali membuat kebingungan bagi pemilik UKM. Mungkin juga kemampuan dalam membuat website belum ada sama sekali.

Beberapa tips-tips berikut ini sebagai panduan untuk memecahkan persoalan dalam proses pengambilan keputusan dalam membuat website usaha kecil menengah

Mengapa perlu membuat website
Memiliki sebuah website atau blog untuk saat ini dirasakan perlu bagi kelangsungan usaha kecil menengah (UKM). Setiap tahun pengguna internet di Indonesia selalu tumbuh rata-rata 20%. Sehingga hal ini juga mempengaruhi pola masyarakat Indonesia dalam menjalankan usaha atau bisnis mereka. Mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, bing, Yahoo! untuk kebutuhan bisnis sering dilakukan. Internet saat ini adalah merupakan kebutuhan dalam meraih sukses untuk bisnis mereka.

Membuat website usaha kecil

Kehadiran website yang terus online selama 24 jam sangat penting seperti kebutuhan telepon, faks atau juga kotak surat. Kehadiran website untuk UKM mungkin dapat bermanfaat dan digunakan untuk :
1. Alat penjualan utama. Website memang benar-benar digunakan untuk menghasilkan uang untuk transaksi secara online.
2. Alat daftar direktor dengan informasi untuk produk-produk yang mereka jual secara offline.
3. Alat untuk akses persediaan atau kolaborasi pada proyek-proyek klien atau pelanggan.
4. Alat untuk mengakses persediaan atau kolaborasi pada proyek-proyek klien.
5. Dengan website blog yang terus diperbarui yang berorientasi untuk layanan sumber daya.
6. Alat komunikasi antara pemilik UKM atau perusahaan dengan pelanggan atau konsumen.
7. Menemukan pelanggan atau klien potensial untuk menambah penjualan.
Membuat website, terutama dirancang untuk menjadi alat pemasaran internet yang efektif, bisa sangat berharga bagi usaha kecil. Tanpa website yang tepat, orang tidak akan dapat menemukan usaha kecil menengah anda.

Membuat sendiri atau menyerahkan kepada pihak lain
Pilihan 1: Membuat sendiri
Kelebihan: Anda akan menghemat uang dengan melakukannya sendiri, anda mempunyai kendali penuh atas tampilan desain, tata letak dan lainnya untuk website anda. Jika diri anda menjadi administrator, Anda memiliki kebebasan untuk memperbarui dan membuat perubahan setiap saat ketika Anda merasa itu perlu dilakukan. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang desain website dasar ada alat gratis yang akan memungkinkan Anda untuk membuat website anda sendiri terlihat profesional.

Kekurangan: Jika Anda tidak tahu banyak tentang komputer dan / atau desain website bisa memakan waktu untuk mempelajari segala sesuatu agar website berjalan sempurna, seperti script HTML, optimasi mesin pencari dan lainnya. Juga, jika Anda memilih untuk menjadi seorang administrator, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu yang didedikasikan untuk membuat setiap pembaruan dan perubahan ke website.

Pilihan 2: Menyerahkan pada pengembang/developer website
Kelebihan: Anda akan mendapatkan halaman web yang dirancang dengan baik bersih dalam waktu singkat jika Anda menyewa pihak lain, pembuat jasa website atau developer website. Juga, mereka akan mengurus segala perubahan dan pembaruan di masa depan. Seorang profesional desainer juga akan memiliki kemampuan untuk membuat situs benar-benar unik yang berada di luar kemampuan anda sendiri. Plus, akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk mencurahkan ke tanggung jawab lain yang Anda miliki untuk menjalankan bisnis Anda.

Kekurangan: Anda mungkin tidak selalu memiliki kontrol sebanyak jika situs anda lakukan sendiri. Juga, beberapa pengembang mungkin sibuk sehingga memerlukan waktu untuk mendapatkan situs Anda selesai dibuat.
---> Yang paling penting untuk diingat tentang menyerahkan pada developer website, anda terlebih dahulu melakukan penelitian mendalam pada mereka. Jika Anda akan membayar uang, pastikan Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan dan dalam waktu yang Anda harapkan.

Pilihan 3: Menggunakan layanan pihak ketiga
Beberapa layanan web hosting menyediakan pre-built halaman dan template yang dapat digunakan untuk memulai dan membuat website.

Kelebihan: Website ini akan diberikan secara gratis, dan Anda akan dapat mencari tema yang baik, template atau desain juga. Blogger , tumblr atau Wordpress adalah cara yang bagus untuk memulai dengan sebuah blog secara online. Google Sites adalah pilihan lain gratis yang cukup baik. Yang diperlukan hanyalah anda harus mempunyai e-mail untuk registrasi dan mengisi format yang diperlukan, seperti anda registrasi di Facebook.

Kekurangan: Situs ini akan berada di bawah kendali pihak ketiga sebagai penyedia dan Anda mungkin tidak memiliki fleksibilitas untuk melakukan segala sesuatu yang Anda inginkan. Pembayaran, misalnya, mungkin akan sulit, meskipun ini bervariasi dari layanan ke layanan. Dan website ini bukan sepenuhnya milik anda, sewaktu-waktu bisa saja menghapus website bila anda mempunyai masalah yang tidak anda sengaja.

Cara menentukan jenis website yang anda inginkan
Banyak pilihan dari satu pilihan anda untuk membuat website dapat menambah kebingungan pada proses pembuatan. Salah satu cara untuk mulai mempertimbangkan pilihan-pilihan adalah untuk memutuskan apa kebutuhan anda :

Sederhana: Jika bisnis Anda tidak berbasis web dan Anda hanya menginginkan sebuah tempat di web, hanya daftar barang yang anda jual secara offline, atau blog senderhana, informasi produk dan jasa yang anda sediakan.

Menengah: Jika Anda akan menjual produk secara online dan perlu untuk mendirikan sebuah situs e-commerce, ada banyak produk dan layanan yang murah dan mudah untuk anda dapatkan.

Kompleks: Jika situs Anda berbasis dari sebuah bisnis online, kemudian mengembangkan hal itu, mungkin akan membutuhkan banyak waktu dan sumber daya untuk menciptakan dan meluncurkan.

Sangat kompleks: Jika situs Anda akan mengandung sejumlah besar konten dan data yang digunakan dalam cara yang khusus, juga akan membutuhkan perusahaan pengembangan kustom untuk memulai dan membuat website.

Memilih nama domain
Sebuah nama domain, kadang-kadang disebut URL, adalah "alamat web" string dari huruf yang akan berfungsi sebagai sarana bagi orang untuk menemukan website Anda. Anda dapat mendaftarkan alamat website yang Anda inginkan dengan mudah melalui layanan yang disebut layanan pendaftaran domain. Biaya untuk mendaftarkan nama domain bisa saja hanya dua ratus ribuan rupiah per tahun, atau, jika Anda banyak membeli nama domain yang sudah ada dari seseorang, mungkin bisa jutaan rupiah.

Memilih nama domain yang belum ada atau terdaftar juga merupakan tantangan bagi anda. Banyak kata-kata mudah diingat, pendek, kombinasi huruf, kata-kata produk/jasa populer mungkin besar telah ada.Namun, dengan sedikit kreativitas, Anda masih dapat datang dengan alamat yang akan tepat untuk usaha kecil menengah Anda.
Berikut adalah beberapa saran untuk memilih alamat website yang tepat untuk usaha Anda:
- Semakin pendek semakin baik. Semakin panjang nama alamat website, kemungkin besar orang susah mengingat, bisa salah ketik nama domain sehingga orang tidak akan menemukan website anda, tapi mungkin saja website orang lain.

- Pertimbangkan menjatuhkan huruf konsonan/ huruf mati atau banyak huruf vokal - seperti Flickr, nama blog ini juga (waktu itu saya belum mengerti apa-apa tentang dunia internet), souveiniers.com ; dan lainnya.

- Tambahkan kata lain untuk nama perusahaan Anda: jual, toko, usaha, dagang, atau kata lain yang mencerminkan usaha atau produk anda.

- Banyak layanan registrasi nama domain akan menyarankan alternatif jika yang Anda inginkan untuk menggunakan.

- Memilih nama domain adalah sangat penting karena tetap dan tidak mudah berubah. Nama domain kadang-kadang disebut sebagai "real estate" di web. Anda bisa mengubah desain situs atau judul website Anda berkali-kali, itu tidak mudah untuk mengubah nama domain.

- Anda bisa "dot" domain yang berbeda untuk situs Anda, Anda tidak harus hanya memiliki satu. Seperti, blog.sumberjambe.com ;

- Pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci umum di domain Anda. Setelah kata-kata dalam domain Anda membuat lebih banyak orang mungkin akan menemukan bisnis online Anda. Misalnya, "www.tokobajuku.blogspot.com" mungkin lebih baik daripada "www.tokojember.blogspot.com" karena lebih banyak orang akan mencari pada baju daripada jember.

- Persiapkan beberapa nama alamat domain minimal 5 – 10 nama untuk mengantisipasi bahwa nama tersebut sudah ada. Atau paling mudah ketik nama yang anda persiapkan di browser seperti Firefox, google chrome, internet explorer. Jika sudah ada akan menunjukan website dimaksud, jika peringatan nama domain tidak ditemukan berarti belum ada nama tersebut.

Memilih layanan web hosting
Sebuah website sederhana hanya akan membutuhkan solusi web hosting sederhana. Sering kali, perusahaan yang sama yang Anda gunakan untuk akses internet akan memberikan rencana hosting website sederhana bagian dari layanan tersebut. Seperti kebutuhan Anda menjadi lebih kompleks, kebutuhan hosting Anda mungkin juga menjadi lebih kompleks.

Kebutuhan untuk meningkatkan bandwidth (kapasitas untuk mengirim dan menerima data) dan peningkatan penyimpanan data mungkin memerlukan pengaturan web-hosting yang disesuaikan. Dalam kasus lain, Anda mungkin ingin membeli peralatan tertentu dan host website di lokasi Anda. Untuk panduan ini, kami menganggap Anda hanya akan perlu solusi yang sederhana (mungkin bahkan gratis) untuk hosting website Anda.

Merancang sebuah website
Sebuah website sederhana dapat memanfaatkan desain template yang tersedia dari Anda layanan web hosting atau dari sumber lain, termasuk penayang situs web dan perangkat lunak. Berikut adalah beberapa link ke sumber daya web yang terkait dengan desain dan template gratis:
HTML Help - mudah untuk memahami situs dasar tentang membuat situs web Anda sendiri
Web Desain Wikibooks.org panduan membuat web desain.

Jika anda sudah selesai membuat website agar usaha kecil menengah anda sukses, maka langkah selanjutnya adalah perlu belajar tips trik SEO (search engine optimization) atau optimasi mesin pencari di blog ini agar orang dapat lebih mudah menemukan website anda. Bagaimana Trik Rahasia Sukses Bisnis Usaha Kecil Menengah dengan Bantuan Google

Membuat website agar usaha kecil menengah sukses 4.5 5 Gus Noto Thursday, January 5, 2012 Ketika dihadapan bagaimana membuat website untuk usaha kecil menengah (UKM) untuk meraih sukses, sering kali dihadapan suatu kesulitan bagai...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme