• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Cara Membuat Produk Unggul

 on Monday, April 30, 2012  

Jumlah penduduk semakin tambah, perkembangan bisnis pun semakin pesat. Selalu ada bisnis baru dari orang lama maupun orang baru memulai bisnis. Orang lama yang sukses ingin mengembangkan bisnis dengan investasi baru agar mereka dapat mengembangkan kekayaan mereka semakin bertambah besar dan semakin kaya. Orang baru ingin menjadi orang kaya baru dalam berbisnis. Bertujuan untuk merubah kehidupan yang lebih baik menjadi orang sukses baru dalam bisnis. Mencukupi segala kebutuhan hidup yang semakin meningkat.


Hakekat bisnis adalah menjual produk yang memberikan nilai tambah bagi pembeli. Pembeli terbantu atas pembelian mereka. Membeli produk membuat kehidupan mereka lebih baik, lebih cepat, lebih efisien, lebih bahagia, lebih ringan, lebih dan lebih.

Cara membuat produk unggul adalah produk mempunyai nilai tambah bagi pembeli mereka. Kategori produk unggul yaitu :

1. MURAH
Murah berarti harga Anda lebih rendah dari pesaing produk yang sejenis dan mempunyai nilai manfaat sama. Seorang pembeli lebih mudah membandingkan keunggulan produk dengan nilai harga. Harga adalah angka, lebih mudah untuk dibaca dan dibandingkan.
Pertama kali pembeli membicarakan produk mereka selalu mereferensi produk unggul dengan harga. Fokus titik awal produk unggul adalah harga.
Membuat produk unggul dan murah dapat dilakukan dengan :
  • Membeli bahan baku produk atau barang yang lebih murah. Keuntungan di dapat saat kita membeli bukan saat kita menjual. Dengan bahan baku produk atau barang dagang dibeli dengan harga murah maka produk anda bisa murah.
  • Analisa pesaing bisnis sejenis mengapa mereka bisa menawarkan harga murah, cari tahu di mana mereka mendapatkan bahan baku, di distributor mana, bagaimana mereka dapat membuat kesepakatan dengan pihak pemasok untuk membuat harga murah.
  • Operasional yang paling ringkas dan paling efisien. Buatlah biaya operasional serendah mungkin pada batas kewajaran, biaya tenaga kerja dengan mendapatkan orang punya kemampuan tinggi dengan upah standar. Mereka akan membuat produktivitas perusahaan akan semakin tinggi sehingga lebih efisien. Mengurangi biaya-biaya yang tidak langsung diperlukan dalam proses bisnis.

2. KUALITAS PRODUK
Produk Anda mempunyai kualitas atau mutu lebih baik dari yang lain. Membuat produk unggul dapat dilakukan menciptakan produk unik.
Katagori produk unik untuk membuat produk unggul yaitu :
  • Belum ada produk sejenis pada target pasar Anda.
  • Lebih awet, berarti umur produk Anda lebih lama dari pesaing.
  • Lebih cepat, berarti produk lebih cepat menyelesaikan tugas mereka.
  • Lebih efisien, berarti biaya mengoperasikan produk lebih rendah.
  • Lebih mudah, berarti penggunaan produk lebih ringkas, simpel, tidak memakai prosedur yang berbelit-belit.
  • Lebih enjoy, berarti saat pembeli menggunakan produk mereka lebih bahagia, lebih puas, lebih senang, lebih enak dan nikmat (produk kuliner).

Poin-poin tersebut tidak semua dapat melekat pada setiap produk yang Anda jual, temukan alasan mereka membeli produk Anda. Sehingga Anda dapat fokus pada poin tertentu untuk memuaskan hati pembeli Anda.

Keunggulan dalam kualitas dan mutu produk untuk masa sekarang sangat identik dengan keunggulan teknologi dalam pembuatan produk unggul tersebut. Misal produk elektronik pada pihak pabrikan mempunyai divisi riset dan pengembangan produk yang selalu fokus pada menciptakan produk unggul.
Jika Anda dalam bisnis perdagangan, diusahakan membeli produk dengan teknologi terkini yang unggul seperti pada poin-poin tersebut di atas.

3. PELAYANAN PELANGGAN
Selain anda membuat produk unggul dalam harga murah dan mutu lebih baik harus juga disertai dengan pelayanan kepada pelanggan atau pembeli anda.
Pelayanan pelanggan berarti Anda harus :
- Melayani pelanggan dengan baik
- Sukses Memuaskan  Pelanggan

Semakin lama persaingan bisnis semakin tinggi, membuat produk unggul adalah keharusan yang harus anda lakukan yang meliputi harga murah, kualitas dan mutu produk lebih baik dan pelayanan pelanggan. Faktor nilai tambah saat pembeli menggunakan produk tersebut adalah ciri produk unggul. Ini jaminan bahwa bisnis akan selalu unggul dari pesaing bisnis yang lain.
Semoga sukses selalu buat Anda.

Cara Membuat Produk Unggul 4.5 5 Gus Noto Monday, April 30, 2012 Jumlah penduduk semakin tambah, perkembangan bisnis pun semakin pesat. Selalu ada bisnis baru dari orang lama maupun orang baru memulai bisn...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme