• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Tips Rahasia Memilih Produk atau Jasa yang Terbaik untuk Dijual di Internet

 on Tuesday, April 26, 2011  


Internet merupakan pasar potensial untuk bisnis dengan potensi penghasilan besar. Berbagai macam usaha kecil banyak bermunculan di Internet. Bermacam-macam yang ditawarkan. Terlihat di berbagai iklan di internet yang begitu bombastis. Berbagai sistem yang ditawarkan untuk memperoleh kekayaan dan keuntungan yang besar dalam waktu singkat dengan modal kecil. Sungguh sangat menarik dicermati dan dipelajari atau mungkin juga anda ikut bergabung. Semua sah-sah saja. Karena ini merupakan strategi marketing untuk menarik pembeli. Seperti yang anda lihat iklan di televisi, sekali semprot parfum semua cewek pada nguber-nguber anda (nagih utang kali!!)

Mungkin anda sebagai calon pengusaha, mungkin anda iri melihat kesuksesan seseorang dengan memperoleh kekayaan besar dengan menjual produk atau jasa di Internet. "Apa yang bisa saya jual di Internet?" Mungkin ini pertanyaan sangat penting.

Tidak semua produk dapat dijual di Internet. Beberapa memang cocok dan pas di situs mereka, beberapa yang lain belum tentu cocok dan pas. Hal ini tergantung trik dan strategi di situs anda.
Menurut survey oleh Swa.co.id : bahwa produk yang dibeli oleh Konsumen Indonesia dalam berbelanja internet dengan 4 besar jawaban tertinggi :
1. buku,
2. pakaian/aksesoris/sepatu
3. tiket pesawat/reservasi
4. Peralatan Elektronik
Dan hal ini berlaku untuk 6 bulan ke depan.
Sedangkan metode pembayaran yang sering digunakan adalah melalui PalPay (22%), kartu debit (20%), transfer bank(18%), kartu kredit (17%) dan transfer uang (14%).

Seperti dalam perkiraan saya dalam menganalisa traffic alexa.com dari Indonesia (Lihat : Jumlah Penduduk Indonesia sebagai target pemasaran internet ) Bahwa pembayaran terbesar untuk belanja online di Indonesia dengan menggunakan Paypal, dan situs perbankan yang banyak digunakan adalah Klikbca.
Hal ini sangat penting untuk anda ketahui agar di situs anda menyediakan pembayaran online dengan menggunakan Paypal dan bila memungkin anda dapat bekerjasama dengan BCA. Bila di situs anda menyediakan kedua pembayaran tersebut, maka hal ini anda memudahkan konsumen anda untuk bertransaksi secara online bila mereka berminat membeli apa yang anda tawarkan langsung pada saat ini juga. Ini merupakan kekuatan dahsyat bisnis online anda.

Memberikan kepercayaan konsumen atas Kenyamanan dan keamanan konsumen dalam bertransaksi online sangat mutlak untuk anda berikan. Mungkin anda enggan atau malas belanja di pasar tradisional bila di pasar tersebut banyak copet, curang, bau busuk dan lain-lain yang tidak mengenakan.

Keberhasilan dari setiap bisnis dimulai dengan pilihan yang tepat dari produk atau jasa. Pemilik usaha kecil harus tetap berpikiran terbuka tentang kesesuaian produk untuk penjualan di internet.

Beberapa hal dalam meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam e-commerce, Anda harus memilih produk atau jasa yang menunjukkan karakteristik sebagai berikut:

Produk Bernilai tinggi.
Tiada banding atau produk dan layanan-layanan yang unik dan berkualitas tinggi sering menarik perhatian dan menghasilkan transaksi. Jangan coba-coba anda menjual produk/jasa yang ada di Supermarket atau pasar offline. Produk/jasa hanya tersedia di Internet saja. Jenis produk yang dijual sedapat mungkin untuk 4 produk tersebut. Atau mungkin juga produk, koleksi langka bisa anda jual.

Produk dengan biaya pengiriman rendah.
Sebagian besar produk yang dijual oleh katalog dan mail order juga menjual dengan baik di Net. Pilih produk yang dapat dikirim dengan mudah. Jauhi produk yang akan menghasilkan pengiriman yang lebih tinggi dan harga jual. Biaya pengiriman lebih tinggi mengurangi daya saing harga produk online dan dapat kehilangan banyak pembeli potensial. Bahkan, biaya pengiriman tinggi merupakan faktor utama yang menghambat orang dari membeli lagi secara online dari alasan utamanya. Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa 53 persen pembeli online kecewa dengan biaya pengiriman yang terlalu tinggi, dibanding dengan 19 persen kecewa karena kartu kredit yang dicuri.

Bila biaya pengiriman terlalu tinggi dikwatirkan pembeli potensial anda akan mudah lari ke toko terdekat dengan harga jauh lebih murah. Bila hal ini tidak bisa anda atasi sebaiknya anda jangan jual produk tersebut dan beralih produk lain saja.

Produk berbasis Informasi.
Keunggulan Internet adalah terutama digunakan untuk berkomunikasi, menghibur, mendidik dan untuk penelitian. Hal ini sehingga tidak mengherankan bahwa tidak mudah busuk, produk sistem informasi termasuk komputer dan software, buku, tiket pesawat, peralatan elektronik dan langganan majalah/koran adalah produk online paling populer saat ini. Kaya situs konten, berbasis berlangganan situs-situs pengiklan yang didukung pada berbagai macam topik, telah banyak tumbuh di seluruh Internet.

Jasa.
Layanan seperti tiket pesawat/reservasi hotel perjalanan udara, dan investasi telah berhasil diaplikasikan ke dalam Internet. Beberapa situs telah menghasilkan banyak uang dari bisnis pembelajaran/pelatihan atau sekolah yang didirikan secara online, di mana orang membayar dan datang ke tempat mereka untuk belajar bagaimana cara mengetahui, bisa, pintar, ahli dalam bidang yang mereka pelajari.

Bagaimana juga internet, adalah kurang efektif ketika face-to-face saat menjual untuk membuat kesepakatan. Internet dapat memberikan banyak informasi awal yang berguna dengan merancang agar pembeli tertarik dan membuat kesepakatan bersama. Sebaiknya final kesepakatan dilaksanakan secara offline mungkin di kantor atau rumah anda bukan di Internet. Untuk bisnis jasa, lebih mudah untuk menggunakan internet untuk membawa orang-orang ke kantor atau rumah Anda untuk menyelesaikan kesepakatan. Maka Anda harus membuat pertemuan dengan konsumen untuk hadir dalam penandatanganan kesepakatan, blangko dan dokumen lainnya.

Internet menawarkan banyak potensi yang selalu berkembang dan berpeluang. Perkembangan internet akan menciptakan pasar baru, serta kategori baru dari ritel. Beberapa tahun yang lalu, menjual pakaian secara online dianggap tidak tepat di Internet. Tapi saat ini, penjualan pakaian secara online telah berkembang pesat.
Apapun produk Anda, sebuah perusahaan e-commerce yang sukses adalah mereka yang mampu memberikan kenyamanan yang dikombinasikan dengan layanan hebat dan kehandalan dalam pengiriman produk.

Semoga bisnis anda sukses.

Tips Rahasia Memilih Produk atau Jasa yang Terbaik untuk Dijual di Internet 4.5 5 Gus Noto Tuesday, April 26, 2011 Internet merupakan pasar potensial untuk bisnis dengan potensi penghasilan besar. Berbagai macam usaha kecil banyak bermunculan di Internet....


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme